Hipnoterapi masih dianggap “Pil Ajaib” - GRIYA HYPNOTHERAPY MPC

INFO TERBARU

Post Top Ad

IKLAN ANDA

Rabu, 27 September 2017

Hipnoterapi masih dianggap “Pil Ajaib”

Liputan khusus jurnalis warga CBM News bersama Aziz Amin ( Trainer dan Hypnotherapist )


[CIPOK] Hypnotherapy MPC
Brebes ( www.cbmnews.net ) – mendengar kata hipnoterapi, sebagian kecil masyarakat telah tahu dan memahami istilah tersebut dan jenis metode terapi seperti apa hipnoterapi itu ?, tapi sebagian besar selebihnya berada pada situasi mereka tahu akan tetapi masih belum memahami apa itu hipnoterapi.

Dan sebagian sangat kecil yang sekarang sama sekali nggak tahu apa hipnoterapi, cbmnew.net spesial akan mengulik lebih jauh apa hipnoterapi, kenapa dan bagaimana hipnoterapi yang sebenarnya dan apakah ada hubungannya dengan kejahatan hipnotis yang sering terjadi bersama Trainer dan Hipnoterapis Aziz Amin Founder MIND PROGRAMMING MANAGEMEN ( MPC ) yang menjadi Pusat Pelatihan Hipnotis di Brebes dan terapi dengan salah satu metodenya Hypnotherapy.

Pak, apa sih sebenarnya hipnoterapi ?

Hipnoterapi yah, itu metode terapi dengan menggunakan keilmuan Hypnosis mas, artinya bahwa terapis dalam melakukan terapi menggunakan metode atau keilmuan hypnosis.

Hypnosis atau Hipnotis pak ?

Hypnosis mas, saya tegaskan “Hypnosis” ya... bukan hipnotis.

Emang beda pak antara keduanya ?

Beda mas, kalau kita lihat dari makna kalimat keduanya dari sejarah hypnosis, bahwa Hypnosis itu sendiri adalah proses dari seorang mengalami kondisi yang menyerupai tidur yang dapat secara sengaja dilakukan kepada seseorang, di mana seseorang tersebut lebih mudah menerima sugesti ( saran, ide atau masukan ).

Atau lebih mudahnya begini, bahwa hypnosis adalah suatu kondisi pikiran yang terpusat sehingga tingkat sugestibilitas (daya terima saran) meningkat sangat tinggi, dilakukan dengan menggunakan seni komunikasi persuasif untuk mempengaruhi seseorang sehingga mengubah tingkat kesadarannya ( penurunan gelombang otak ) dari Beta menjadi Alpha/Theta.

Sementara Hipnotis ( Hypnotist ) adalah orang atau seseorang yang memiliki keilmuan dan ketrampilan untuk melakukan hypnosis itu mas.

Tapi mas Aziz, kan sekarang banyak kejahatan Hipnotis ?, itu bagaimana ?

Nah itu persoalan yang dari dulu sampai sekarang belum terselesaikan juga, tidak mudah memang mengubah mindset ( pola pikir ) atau pemahaman sekian banyak masyarakat.
Saya untuk yang ini nggak bisa bahas sederhana mas, jadi memang harus dibahas bertahap satu persatu mas, dan menyamakan pemahaman dulu tentang Hypnosis dan Hypnotist sesuai dengan asal muasal hypnosis dikenalkan ke indonesia.

Hipnotis di indonesia memiliki makna yang lebih luas, karena baik proses maupun pelaku atau orang yang melakukan seringkali disebut sama dengan sebutan “Hipnotis”. Contoh : yang kena dibilang korban hipnotis, kejadiannya namanya hipnotis dan yang melakukan disebut tukang hipnotis, ahli hipnotis dan lain sebagainya.

Berarti Hipnotis di Indonesia bisa saja yang dimaksud adalah Hypnosis mas, tapi Pertanyaan yang muncul adalah berarti hipnoterapi juga menggunakan hipnotis ?,

Ya benar menggunakan hipnotis ( hypnosis ), sesuai tadi saya jelaskan dengan tehnik komunikasi persuasif, maka klien / pasien dipandu untuk mengikuti arahan terapis untuk memasuki kondisi hypnosa ( keadaan hypnosis ) atau penurunan gelombang kesadaran dan saat ia dalam kondisi rileks dan nyaman dimana daya kritis pikirannya relatif lebih mudah menerima informasi maka saat itu diberikan sugesti positif pada klien yang memiliki efek menyembuhkan. Makanya disebut Hipnoterapi yang memiliki makna terapi menggunakan keilmuan hipnotis.

Yang kejahatan hipnotis bagaimana ?

Kejahatan hipnotis tidak ada hubungannya dengan terapi dengan hipnotis, itu pada konteks yang berbeda, bahwa sampai saat ini saya pribadi belum pernah mendapati ada kejahatan yang benar – benar dilakukan menggunakan alat hipnotis, kenapa ? karena hipnotis bukan alat tapi hanya sebuah keilmuan.

Beberapa kasus yang muncul kepermukaan yang mengatasnamakan hipnotis seringkali hanya karena keteledoran korban yang mudah tergiur dan terpengaruh oleh bujuk rayu orang yang tidak ia kenal. Biasanya tetap ada komunikasi antara korban dan pelaku sebelum korban akhirnya terbuai dan terjadi proses kejahatan ( biasanya penipuan ) dan korban mau negikuti arahan pelaku kejahatan baik menyerahkan harta benda maupun melakukan hal apapun.

Artinya, sebenarnya kejahatan hipnotis seringkali adalah mode kejahatan seperti kejahatan lain hanya saja prosesnya menggunakan bujuk rayu, mempengaruhi dan menipu korban.

Tapi ko ada yang ditepuk pundaknya terus lupa segalanya dan barang barangnya diserahkan ke pelaku mas ?

Ini menarik mas, saya sering dapat pertanyaan seperti itu mas kenapa ko Cuma ditepuk pundaknya terus seorang jadi mau untuk memberikan barang berharganya dan sadar saat pelaku pergi. Benar begitu ?

Iya memang kenyataannya begitu mas ?

Jadi begini mas, untuk semua pembaca cbmnew.net bahwa cara kerja pikiran itu kurang lebihnya anda bisa pahami seperti komputer, kalau saya lebih suka menyebutnya bahwa komputer itu diciptakan memodel cara kerja manusia termasuk prosesor itu seperti pikiran.
Pikiran kita itu multitasking, artinya bisa bekerja dalam beberapa fokus pekerjaan, sama seperti komputer yang anda gunakan bisa mengerjakan dokumen, sambil internetan dan sambil dengarkan lagu. Pikiran juga demikian anda bisa berfikir tentang nafas anda, sambil menyetir mobil, bicara dengan teman anda disamping dan memikirkan apa yang harus dilakukan saat sampai tujuan, benar kan ?

Ya, bisa.

Tapi... kira - kira saat anda dikasih pertanyaan yang membuat pikiran anda bekerja / memproses jawaban, dengan pertanyaan yang banyak lebih dari 9 pertanyaan apa yang terjadi ?

Contoh :
nama kamu siapa ? sebelum kamu jawab saya tanya, bapakmu siapa ? tadi pagi bangun jam berapa ? pake pakaian atau sarung ? mandi gayungnya warna apa ? oh ya kemarin sama siapa jam 5 sore, Pakai pakaian warna apa ? ponakan kamu yang paling kecil siapa ?, hari kamis kemarin kemana ? dan seterusnya dengan cepat apa yang terjadi mas ?

Hahahahahaha... ko saya bingung dan pusing

Itu lah mas, jadi saat orang yang tadi anda bilang ditepuk pundaknya adalah untuk efek kejut ( biat korban kaget ) dan tepat setelah ia menengok biasaya pelaku melakukan pembanjiran informasi pada korban dengan pertanyaan yang sangat banyak, atau pura pura sebagai saudara yang mau jemput, saat korban masih berfikir mencari jawaban udah di kasih pertanyaan lagi, saat itu korban bisa saja “blank !!” dan saat kejahatan penipuan dengan menggunakan hypnosis itu seringkali terjadi, ia terbuai. 

Kembali ke hipnoterapi mas, apa hipnoterapi juga begitu ?

Tidak, kan hipnoterapi untuk kepentingan terapi atau penyembuhan mas artinya keilmuan ini seni komunikasi persuasif kepada klien untuk memasuki kondisi hypnosis atau rileks sehingga gelombang kesadarannya berada di alfa atau theta dimana gelombang ini relatif pikiran lebih mudah menerima informasi, ide, saran, masukan yang biasa disebut sugesti.

Kata kuncinya adalah bahwa “ tubuh dan pikiran itu satu sistem “, jadi kalau diintervensi salah satunya maka akan mempengaruhi bagian yang lain.

Ketika pikiran kita sakit maka tubuh kita juga akan merepon sakit, demikian sebaliknya saat pikiran kita sehat juga tubuh akan meresponnya sehat, metode hipnoterapi dalam rumpun kelompok pengobatan di Kementrian Kesehatan disebut Intervensi Tubuh dan Pikiran.

Ada persyaratan khusus nggak mas untuk terapi ini ?

Pastinya ada mas, yang terpenting adalah klien sadar kalau ia bermasalah dan mau menjalani proses hipnoterapi ( bukan paksaan ) harus mengerti bahasa dari terapis dan terpenting tidak memiliki ganggun fokus.

Penyakit apa saja yang bisa diobati mas dengan hipnoterapi ?

Kan udah dibilang ini metode terapi jadi bukan obat ya, tentu saja gangguan kesehatan yang terkait dengan pikiran, atau gangguan pikiran termasuk didalamnya adalah penyakit fisik yang disebabkan karena faktor pikiran ( psikosomatis ).

Bagaimana prosedur terapi dengan hipnoterapi ? apa ada prosedur khusus ?

Ada mas, karena ini terapi pikiran dan artinya tidak bisa seperti pemeriksaan medis lain yang hanya membutuhkan waktu sebentar, klien harus mendaftar sebelum datang ke Griya Hipnoterapi MPC, menyesuaikan jadwal, kami hanya melayani maksimal 2 – 3 klien.

Tahapannya klien setelah daftar, wajib konsultasi permasalahannya sebelum memastikan untuk melanjutkan proses hipnoterapi., sekali terapi durasinya antara 2 – 3 jam.

Berapa kali idealnya hipnoterapi dilaksanakan mas ?

Tergantung kasus mas, beberapa 1 kali pertemuan selesai ada yang lebih bahkan bisa ada yang memang harus dilakukan kelas terapi, artinya ia selain proses terapi ia juga belajar tentang metode keilmuannya untuk menguatkan dirinya dari hal – hal yang tidak positif.

Apa ada jaminan sehat / sembuh mas ?

Tidak, memang saya Tuhan / Allah Ta’ala, jaminannya adalah proses terapi yang terbaik yang dilakukan setiap terapis, disini pentingnya proses konsultasi (pra terapi) untuk memastikan klien memang tepat dan layak menjalani hipnoterapi mas.

Mengingat seperti diawal saya jelaskan banyak pemahaman masyarakat yang masih belum tepat dengan hipnotis di Indonesia, mereka menganggapnya klenik, sihir, mantra dan menggunakan tenaga gaib atau sebagainya.

Sebenarnya semuanya salah, karena diera moderen ini hipnoterapi dipelajari secara ilmiah, bagian dari ilmu psikologi, ya dari awal saya jelaskan tentang tehnik komunikasi persuasif sehingga menurunkan gelombang kesadaran klien dari beta ke alfa atau theta dimana konsisi ini memiliki tingkat sugestibility sangat tinggi, informasi mudah diterima tanpa dilawan ( dikritis ). Tentunya informasi ini selama informasi yang disampaikan terapis tidak bertentangan dengan nilai – nilai keyakinan klien.

Jangan ngawatir, bukan berarti kondisi terhypnosis ini nanti klien akan mau melakukan apa saja, tidak akan bisa mas. Kalau sugesti yang diberikan bertentangan dengan keyakinan agama, budaya, atau keyakinan lain dalam diri klien maka ia akan bangun dan sadar.

Apa kendala yang selama ini ada dalam hipnoterapi mas ?

Hehehe... pastinya banyak tapi semua sebenarnya tergantung bagaimana mengkomunikasikan dan fleksibility terapis terhadap kendala yang ada, tapi yang hampir masih sangat banyak adalah minimnya pemahaman masyarakat tentang hipnoterapi.

Masyarakat tahunya hipnoterapi sama dengan aksi hipnotis yang dilihat di panggung atau di televisi, tentu saja beda apalagi disamakan dengan acara hipnotis yang buka aib orang tentu saja beda.

Masyarakat Indonesia menerima informasi tentang hipnotis sekitar tahun 1990 an dan itu dikenalkan lebih banyak dengan media hipnotis panggung ( Stage Hypnosis ) jadi yang dilihat adalah tentang kehebohan dan sajian yang membuat penonton decak kagum sebuah pertunjukan yang diluar logika dan nalar manusia, tapi sesungguhnya semua sangat bisa dilakukan bila seorang tahu rahasia dan cara kerja pikiran, saya jamin 100% ilmiah.

Berdasarkah hal itu semua maka banyak orang yang datang ke Griya Hipnoterapi MPC salah menafsirkan metode hipnoterapi, beberapa yang datang menganggap bahwa hipnoterapi adalah terapi ajaib atau saya biasa sebut dengan “pil ajaib”, mereka menganggap bahwa dengan datang ke hipnoterapis semua masalah akan selesai, semua penyakit akan sembuh.

Masih banyak yang menganggap bahwa hipnoterapi terapi sulap, yang ditiup, diajak ngobrol saja semua penyakit hilang, semua penyakit sembuh dan benar – benar ajaib.

Berarti hipnoterapi bukan seperti itu mas ?

Beberapa kasus memang hipnoterapi benar – benar seperti ajaib, seperti megic, karena orang yang memiliki masalah bertahun – tahun nggak sembuh dari sakit cukup dengan datang sekali atau beberapa kali pertemuan ia pulih dan sehat kembali.

Bahkan beberapa kasus hanya diajak ngobrol diceritain sebuah dongeng ia sembuh dari sakitnya, dan masih banyak hal yang sering kali dimaknai sebagai hal yang ajaib.

Akan tetapi, tidak semua orang bisa mendapatkan hasil seperti itu, tidak ada jaminan bahwa hipnoterapi akan menghasilkan keajaiban dengan instant, hanya datang 1 kali penyakit hilang dan sembuh, ada proses panjang dari konsultasi pra terapi, termasuk didalamnya adalah test sugestibility yang biasa disebut dengan pre induction, induction memasukkan klien dalam kondisi hipnotis, deepening mendalamkan dan baru dalam kedalaman tertentu diberikan sugesti dan terakhir di terminasi atau di bangunkan dari sesi terapi.

Terakhir mas, bagaiman kalau ada orang yang mau terapi disini  ?

Ini bisa jadi iklan mas, silahkan kalau memang mau ya cari di internet banyak praktisi hipnoterapi mas, termasuk di brebes sudah banyak ko praktisinya hanya beberapa yang resmi membuka layanan hipnoterapi. Griya Hipnoterapi MPC salah satunya yang saat ini ada di www.griyahipnoterapi.net atau bila terkait pelatihan hipnoterapi ada website www.pusatpelatihanhipnotis.top

Berita baiknya untuk warga brebes yang minat belajar hipnoterapi gratis ada kelas online yang diselenggerakan MPC School Of Hypnotism via WhatsApp setiap hari kamis malam jum’at, info lengkap bisa menghubungi WA : 085742201850


Demikian liputan khusus saya bersama dengan Mas Aziz Amin Trainer dan Hypnotherapist yang merupakan Founder MPC Management yang menaungi Griya Hypnotherapy MPC dan MPC School of Hypnotism. ( LH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Salam...
Terima kasih atas kunjungan Anda, kami sangat menghargai niat anda meninggalkan catatan, masukan dan saran positif untuk perkebangan kami yang lebih baik guna manfaat bagi masyarakat.

Info privasi / konsultasi / perjanjian sesi therapi hubungi :
GSM : 085742201850

Post Top Ad

Your Ad Spot